loading

KODE ETIK BAGI MITRA USAHA
PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI (BNM)
Kode Etik dan Peraturan Perusahaan ini adalah panduan dan peraturan baku yang berlaku bagi semua pelaku usaha Penjualan Langsung PT. BRILIAN NUSANTARA MANDIRI (selanjutnya disebut sebagai Mitra Usaha) dalam menjalankan bisnisnya .
Dengan diterimanya pendaftaran pelaku usaha Penjualan Langsung oleh BNM, maka Mitra Usaha setuju untuk terikat dan tunduk kepada Kode Etik dan Peraturan ini dan bersifat mengikat antara Mitra Usaha dan Perusahaan (BNM). Kode Etik dan Peraturan ini menjadi satu-satunya ketentuan dan berlaku sampai dengan keanggotaan Mitra Usaha berakhir.

BAB I
Definisi Umum
1.
PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI adalah suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia yang berkedudukan di Makassar, yang untuk selanjutnya disebut BNM.
2.
Mitra Usaha adalah anggota mandiri perseorangan yang terdaftar dalam jaringan pemasaran atau penjualan BNM yang telah mendapatkan persetujuan dari Perusahaan untuk menjadi Mitra Usaha melalui ajakan seorang sponsor.
3.
Mitra Usaha BNM bukanlah karyawan/staf PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI. Seluruh karyawan PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI dilarang mendaftar sebagai Mitra Usaha BNM.
4.
Bonus adalah komisi atau imbalan yang diberikan oleh Perusahaan kepada Mitra Usaha BNM yang telah memenuhi persyaratan dan melebihi target penjualan produk yang ditetapkan oleh Perusahaan.
5.
Marketing Plan adalah program pemasaran yang dibuat oleh Perusahaan untuk mengatur perhitungan komisi, dan untuk memperoleh bonus atau keuntungan lainnya sesuai dengan persyaratan yang akan dicapai oleh Mitra Usaha dalam memasarkan produk dan atau mengembangkan jaringan.
6.
Produk adalah barang yang disediakan secara resmi oleh Perusahaan untuk dipergunakan sendiri oleh Mitra Usaha atau dijual kepada Konsumen dengan sistem Penjualan Langsung.

BAB II
KEANGGOTAAN BNM
A.
PENDAFTARAN & PERSYARATAN KEANGGOTAAN
1.
Pendaftaran keanggotaan dapat dilakukan oleh setiap orang dewasa yang berusia minimal 18 tahun, memiliki KTP, dan atau telah menikah bisa menjadi Mitra Usaha BNM.
2.
Calon Mitra Usaha BNM tidak menderita cacat mental, dan atau tidak berada dibawah perwalian/pengampu.
3.
Setiap calon Mitra Usaha BNM wajib mengisi dan melengkapi formulir registrasi BNM dengan benar dan valid. Setiap Mitra Usaha BNM bertanggung jawab atas kebenaran isi data dirinya. PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI akan dibebaskan dari tanggung jawab jika isi pendaftaran tersebut tidak benar. Perusahaan hanya mengakui dan memproses informasi sesuai dengan data yang terdaftar.
4.
Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara mengisi dan melengkapi formulir registrasi & bisa secara online lewat aplikasi , yang perlu dilengkapi dengan:
a.
Nomor ID (NIK/KTP)
b.
Nama Lengkap sesuai ID/KTP
c.
Jenis Kelamin & Tanggal Lahir
d.
Nomor Telepon & Email
e.
Alamat Sesuai ID/KTP
f.
Nomor NPWP Pribadi
g.
Data Rekening Pribadi
5.
Calon Mitra usaha membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah) dan mendapatkan :
a.
1 (satu) set alat bantu penjualan berupa Starter Kit (berisi Company Profile, Marketing Plan, Brosur Produk, List Harga Produk, Formulir Pendaftaran, dan Buku Kode Etik.),
b.
1 (satu) user ID dan Password untuk mengakses Member Area BNM.
6.
Perusahaan hanya mengakui alamat Mitra Usaha BNM sesuai yang tercantum pada Formulir Pendaftaran, kecuali terdapat perubahan alamat yang disahkan oleh Perusahaan.
7.
Setiap calon Mitra Usaha BNM yang mendaftar, harus memiliki rekening di bank pilihan sebagaimana yang tercantum dalam formulir registrasi BNM. Demi keamanan, semua bonus akan ditransfer melalui rekening bank dan tidak bisa diambil secara tunai di kantor, PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI tidak bertanggung jawab atas kesalahan pengisian data dan nomor rekening bank oleh Mitra Usaha.
8.
Semua pembayaran/transaksi calon Mitra Usaha BNM kepada BNM dinyatakan sah apabila dilakukan melalui transfer ke rekening BNM (atas nama PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI) yang telah ditentukan, atau pembayaran langsung dengan bukti struk pembayaran yang disahkan oleh petugas PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI. Pembayaran yang dilakukan tidak memenuhi ketentuan di atas adalah tidak sah dan BNM tidak bertanggungjawab apabila terjadi kerugian akibat transaksi tersebut.
9.
PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI atas pertimbangannya sendiri berhak menolak atau memberikan persetujuan atas permohonan aplikasi keanggotaan yang diajukan tanpa harus memberikan alasan.
10.
Mitra Usaha BNM bukan merupakan cabang, agen, pegawai, afiliasi ataupun kelompok dalam usaha patungan dari badan hukum PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI, akan tetapi sebagai Pribadi yang lndependen atau Mitra Usaha Mandiri.
B.
NOMOR KEANGGOTAAN
1.
Peraturan mengenai keanggotaan suami istri akan diatur dalam Pasal tersendiri dalam Kode Etik ini.
2.
Keanggotaan Mitra Usaha berlaku 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang setiap tahunnya secara gratis dengan memiliki akumulasi pembelanjaan pribadi sebesar minimal 155.000 BV sebelum masa keanggotaan berakhir.
3.
Dalam hal Mitra Usaha yang bersangkutan tidak memenuhi akumulasi pembelanjaan pribadi tersebut, maka Mitra Usaha tersebut dianggap tidak memperpanjang keanggotaannya dan bisa mendaftar kembali sebagai Mitra Usaha baru di kemudian hari.
C.
PERUBAHAN INFORMASI KEANGGOTAAN
1.
Perubahan informasi data keanggotaan dapat dilakukan dengan cara menghubungi Kantor Pusat PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI bagian customer service, melalui email ataupun media tertulis lainnya.
2.
Pengalihan identitas keanggotaan ataupun pertukaran keanggotaan dari satu jaringan ke jaringan lain tidak diperbolehkan dengan alasan apapun.
3.
Apabila ditemukan identitas keanggotaan yang tidak jelas, atau terdapati keanggotaan ganda yang bisa merugikan pihak lain, maka perusahaan berhak menonaktifkan nomor keanggotaan yang terakhir didaftarkan dan secara otomatis kehilangan semua hak sebagai anggota BNM.
4.
Apabila ada laporan dengan bukti otentik bahwasanya Mitra Usaha BNM, baik dengan nama dia sendiri ataupun dengan nama lain telah mencoba bergabung kembali di group jaringan yang lain atau cross line tanpa persetujuan dari semua upline dan sponsornya, maka perusahaan akan menonaktifkan nomor keanggotaan tersebut tanpa kompensasi.
D.
KEANGGOTAAN SUAMI ISTRI
1.
Keanggotaan suami istri dianggap terpisah dan harus berada dalam satu garis sponsorisasi yang sama. Apabila melanggar, maka nomor keanggotaan yang terbaru akan dihapuskan oleh perusahaan tanpa terkecuali dan tanpa kompensasi apapun dari perusahaan.
2.
Apabila di kemudian hari terdapat dua orang Mitra Usaha BNM dari jaringan yang berbeda memutuskan untuk menikah, maka keanggotaan mereka tetap ada di dalam jaringan yang terpisah dan independen.
3.
Apabila di kemudian hari terdapat keanggotaan Mitra Usaha BNM yang merupakan pasangan nikah memilih untuk bercerai, maka PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI akan tetap mempertahankan keanggotaan sesuai dengan aplikasi yang sudah ditandatangani di awal sampai ada keputusan pengadilan yang menyebutkan sebaliknya.

BAB III
HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA
A.
HAK MITRA USAHA BNM
1.
Mitra Usaha BNM berhak mendapatkan penjelasan yang benar baik dalam hal informasi mengenai Perusahaan, Produk, Marketing Plan BNM, maupun promosi yang diadakan oleh Perusahaan.
2.
Mitra Usaha BNM berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk berprestasi dalam melakukan penjualan produk dan mendapatkan komisi sesuai Marketing Plan yang ditetapkan.
3.
Mitra Usaha BNM berhak memperoleh penghasilan uang, bonus, cashback, komisi, dan rewards dari bisnis BNM berdasarkan acuan serta perhitungan di Marketing Plan BNM berdasarkan hasil kerja dan memenuhi ketentuan sesuai yang disyaratkan.
4.
Mitra Usaha BNM berhak mendapatkan produk yang bermutu sesuai dengan manfaat dan harga yang dibayarkan kepada Perusahaan.
5.
Mitra Usaha BNM berhak mengikuti semua kegiatan, pelatihan perusahaan, serta promosi sesuai dengan ketentuan Perusahaan.
B.
KEWAJIBAN MITRA USAHA BNM
1.
Mengikuti dan mematuhi semua prosedur, peraturan dan Kode Etik yang di tetapkan PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI.
2.
Selalu menjaga nama baik PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRIdan tidak merugikan orang lain.
3.
Bersikap sopan, menghargai, menghormati dan menjunjung tinggi kejujuran, integritas sebagai Mitra Usaha BNM.
4.
Setiap Mitra Usaha BNM wajib menjaga kerahasiaan data loginnya sendiri, yaitu username dan passwordnya. Dan perusahaan tidak bertanggung jawab atas kelalaian yang terjadi pada Anggota tersebut.

BAB IV
LARANGAN BAGI MITRA USAHA BNM
1.
Mitra Usaha BNM dilarang memberikan keterangan menyesatkan atau over claim kepada khalayak ramai, dan atau informasi yang bertentangan dengan kebijakan atau literatur resmi dari PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI.
2.
Mitra Usaha BNM dilarang menjual dengan cara paksaan atau cara lain yang dapt menimbulkan gangguan pada pihak lain baik secara fisik maupun psikis.
3.
Mitra Usaha BNM dilarang membujuk calon Mitra Usaha lain ataupun konsumen untuk membeli atau menimbun produk yang melebihi kebutuhannya.
4.
Mitra Usaha BNM dilarang menggunakan jaringan kerja PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI untuk pemasaran produk-produk Penjualan Langsung (direct selling atau multi level marketing) lain.
5.
Mitra Usaha BNM dilarang mengganti kemasan produk ataupun merubah jumlah atau isi dari paket produk resmi yang sudah ditetapkan oleh PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI, karena tindakan ini dapat merusak dan merugikan.
6.
Mitra Usaha BNM dilarang mengurangi ataupun menambah kompensasi program diluar yang sudah ditetapkan oleh PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI. Apabila Mitra Usaha BNM ingin membuat program sendiri dengan tujuan ingin meningkatkan penjualan atau jaringannya, maka yang bersangkutan tidak diperbolehkan menggunakan logo/ kata-kata PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI ataupun afiliasinya di dalam program tersebut.
7.
Mitra Usaha BNM dilarang menjual atau mengedarkan produk yang sudah tidak layak pakai/Cacat Berat.
8.
Mitra Usaha BNM dilarang menjual produk dibawah harga yang sudah ditetapkan resmi oleh PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI. Apabila terjadi pelanggaran dan terdapat pelaporan dengan bukti yang cukup dan otentik, maka perusahaan berhak untuk memberikan surat peringatan hingga memberhentikan keanggotaannya, dan tanpa disertai kompensasi apapun.
9.
Mitra Usaha BNM dilarang menggunakan tulisan, lambang/logo dan merek dagang BNM dan afiliasinya untuk brosur atau alat bantu lainnya baik untuk pribadi ataupun komersil, kecuali bersumber dari PT.Brilian Nusantara Mandiri
10.
Mitra Usaha BNM dilarang bertindak untuk dan atas nama perusahaan, mewakili perusahaan melakukan pengikatan hukum dengan pihak lain ataupun mewakili seolah-olah dirinya adalah bagian dari struktur atau karyawan dari perusahaan.
11.
Mitra Usaha BNM dilarang mengklaim diri atau jaringannya untuk seolah-olah menguasai atau mempunyai wilayah usaha tertentu secara monopoli di bisnis ini.
12.
Mitra Usaha BNM dilarang memperkenalkan atau mensponsori staff/pegawai PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI, termasuk orang tuanya dan saudara sedarah dari staff/pegawai tersebut. Apabila hal itu dilakukan, maka perusahaan akan menghapus keanggotaan dari yang telah disponsorinya, perusahaan juga berhak untuk memberhentikan Mitra Usaha yang melakukan pelanggaran tersebut dari BNM.
13.
Mitra Usaha BNM dilarang untuk berjualan produk-produk BNM melalui toko retail atau di lokasi eceran tetap, dan situs E-commerce atau Market Place seperti Shopee, Lazada, Matahari Mall, Tokopedia, Bukalapak, OLX, Qool0, Supermarket, dan usaha sejenis lainnya.

BAB V
COOLING OFF PERIODE
1.
Setiap Mitra Usaha BNM dapat memilih untuk meneruskan atau membatalkan keanggotaannya dalam waktu 10 (sepuluh) hari setelah pendaftaran diterima oleh Perusahaan, dengan memberitahukan secara resmi kepada Perusahaan, mengembalikan semua alat bantu penjualan seperti Starter Kit dan kelengkapannya. Perusahaan akan mengembalikan secara penuh biaya pendaftaran yang telah dibayar oleh Mitra Usaha bersangkutan (Cooling Off Periode).
2.
Mitra Usaha BNM yang membatalkan keanggotaannya dalam masa Cooling Off Periode, maka yang bersangkutan tidak bisa mendaftar kembali sebagai Mitra Usaha BNM dalam waktu 6 (enam) buIan terhitung dari tanggal dibatalkan keanggotaannya.

BAB VI
PEMBATALAN KEANGGOTAAN
1.
Masa keanggotaan seorang di BNM dinyatakan batal atau berakhir apabila:
a.
Mitra Usaha yang bersangkutan tidak melakukan perpanjangan keanggotaan seperti pada Bab II Bagian B angka 2.
b.
Mitra Usaha yang bersangkutan membatalkan dengan cara mengundurkan diri terlebih dahulu dengan menyampaikan permohonan tertulis kepada BNM.
c.
Dihentikan keanggotaannya oleh karena terbukti melakukan pelanggaran Kode Etik yang telah di tentukan oleh BNM.
d.
Dihentikan keanggotaannya karena ada keputusan atau perintah dari Pengadilan.
e.
Dihentikan karena adanya perubahan peraturan perundang-undangan yang berlaku di INDONESIA.
2.
Mitra Usaha BNM yang telah membatalkan keanggotaannya tersebut, selanjutnya akan melepas segala bentuk keterkaitan dari seluruh jaringannya yang lama, termasuk terhadap seluruh bonus dan pengumpulan pointnya jika ada, dan tidak ada kompensasi apapun yang akan digantikan oleh Perusahaan terhitung setelah tanggal pemberhentian.
3.
Seorang anggota atau Mitra Usaha yang sudah dibatalkan keanggotaannya, bisa mendaftar lagi setelah lewat dari 90 (sembilan puluh) hari, terkecuali yang bersangkutan termasuk dalam pelanggaran berat.
4.
Pelanggaran berat yang dimaksudkan dalam poin diatas adalah jika terlibat kasus pidana berat semisal pembunuhan, korupsi, penipuan, maupun terorisme, dan sebagainya dalam status yang sudah disangkakan maupun yang berketetapan hukum.
5.
Perusahaan tidak memberikan toleransi atas Pembajakan Jaringan atas seorang anggota lain yang keanggotaannya masih berlaku, jika ada seorang anggota mendaftarkan kembali keanggotaannya dengan menggunakan upline yang lain, baik karena kemauan sendiri maupun karena dipengaruhi orang lain, maka keanggotaan yang baru akan dibatalkan beserta seluruh haknya akan hangus pada keanggotaan baru tersebut.

BAB VII
JAMINAN KEPUASAN
1.
Jaminan Kepuasan (Satisfaction Guarantee), Mitra Usaha BNM berhak untuk melakukan penukaran produk yang telah dibeli dalam waktu 7 (tujuh) hari, apabila ternyata mutu produk yang disampaikan tidak sesuai dengan yang diklaim atau dijanjikan secara tertulis oleh Perusahaan (sesuai yang terdapat dalam brosur/katalog resmi Perusahaan). Penukaran bisa dilakukan dengan melampirkan Nota Penjualan Resmi. Perusahaan akan menukarkan dengan produk yang sama, dan segala biaya pengiriman menjadi tanggungan Mitra Usaha.
2.
Apabila terbukti bahwa produk BNM yang sudah digunakan atau dimanfaatkan sesuai ketentuan menimbulkan kerugian fisik bagi Mitra Usaha, maka Perusahaan akan memberikan ganti rugi atau kompensasi atas kerugian tersebut dengan selayaknya. Ganti rugi tidak berlaku apabila kerugian yang timbul adalah akibat kelalaian dari Mitra Usaha atau akibat dari penggunaan produk yang tidak sesuai ketentuan.

BAB VIII
JAMINAN PEMBELIAN KEMBALI
1.
Jaminan Pembelian Kembali (Buy Back Guarantee), Perusahaan akan membeli kembali sisa produk termasuk alat bantu penjualan (starter kit, leaflet, brosur) yang masih layak jual dari Mitra Usaha BNM yang ingin membatalkan keangggotaannya ataupun dibatalkan oleh Perusahaan dengan harga senilai harga pembelian awal. Produk dan alat bantu penjualan yang bisa dikembalikan adalah sesuai syarat yang ditetapkan pada Bab ini. Perusahaan akan memotong biaya administrasi 10 % dan seluruh nilai bonus dan manfaat lainnya yang telah diterima oleh Mitra Usaha terkait dengan produk yang dikembalikan.
2.
Syarat dan prosedur pengembalian Produk:
a.
Produk yang dikembalikan harus masih dalam keadaan baik dan layak jual.
b.
Biaya kirim pengembalian Produk dari tempat Mitra Usaha ke Kantor Pusat ditanggung oleh Mitra Usaha sendiri.

BAB IX
STATUS KEMATIAN DAN WARIS
1.
Mitra Usaha BNM hanya dapat mewariskan hak-haknya yang melekat sebagai anggota kepada ahli warisnya yang sah apabila Mitra Usaha yang bersangkutan meninggal dunia.
2.
Ahli waris yang sah ditentukan oleh Mitra Usaha sendiri atau berdasarkan Hukum Waris dalam Undang-undang yang berlaku, dan atau melalui ketetapan Pengadilan. Perusahaan tidak berhak menentukan ahli waris dari Mitra Usaha yang bersangkutan.
3.
Ahli waris sah yang akan menggantikan keanggotaan Mitra Usaha Pewaris harus memenuhi prosedur yang ditetapkan oleh Perusahaan antara lain :
a.
Melampirkan surat wasiat atau surat keterangan kematian
b.
Melampirkan pernyataan dan ahli waris yang lain bila ada, yang isinya berupa persetujuan pewarisan keanggotaan tersebut yang dilampirkan diatas materai minimal Rp. 6.000 (enam ribu rupiah).
c.
Melampirkan fotocopy kartu keluarga terakhir.
d.
Mengisi form pendaftaran baru atas nama ahli waris dan diserahkan kepada Perusahaan.
4.
Apabila terjadi sengketa oleh pihak lain perihal kewarisan ini maka PT. BRLIAN NUSANTARA MANDIRI akan mengikuti keputusan akhir dari pengadilan. Selama dalam proses penyelesaian sengketa tersebut keanggotaan akan ditangguhkan sementara sampai mendapat keputusan hukum yang tetap dan bonusnya akan ditahan sementara, dan akan diberikan dikemudian hari kepada ahli waris yang sah menurut pengadilan.

BAB X
HAK DAN KEWAJIBAN PERUSAHAAN
A.
Hak Perusahaan
1.
Perusahaan berhak menerima atau menolak permohonan menjadi anggota yang disampaikan melalui formulir pendaftaran Mitra Usaha BNM yang diisi oleh calon Mitra Usaha secara benar dan jujur.
2.
Demi perlindungan atas usahanya, Perusahaan berhak melakukan segala tindakan yang sesuai hukum atas pelanggaran yang dilakukan oleh Mitra Usaha BNM dalam menjalankan usahanya yang dinilai tidak mematuhi kebijakan-kebijakan yang telah digariskan Perusahaan.
3.
Perusahaan berhak menghentikan keanggotaan atau kerjasama bisnis dengan Mitra Usaha BNM dengan pemberitahuan tertulis sebelumnya.
4.
Perusahaan berhak mengadakan perubahan dan penyesuaian atas Marketing Plan, Promosi, dan Kode Etik dan Peraturan Perusahaan, dengan persetujuan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, dan di sosialisasikan kepada seluruh anggota selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum diberlakukan.
B.
Kewajiban Perusahaan
1.
Perusahaan berkewajiban memberikan informasi yang jelas dan benar kepada Mitra Usaha BNM berkaitan dengan usahanya, Marketing Plan, produk dan semua hal yang terkait dengan kegiatannya.
2.
Perusahaan berkewajiban mematuhi aturan yang mengacu pada ketentuan yang berlaku di Indonesia dalam melakukan usahanya dan pembinaan Mitra Usaha BNM.
3.
Perusahaan berkewajiban mengadakan produk yang baik, berkualitas, dan memiliki ijin edar, serta menyediakan alat-alat bantu penjualan yang diperlukan untuk Mitra Usaha BNM dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.
4.
Perusahaan wajib memberikan pelatihan dan pembinaan berkait dengan pengembangan usaha, mengadakan kegiatan dan fasilitas lainnya dalam rangka membantu pengembangan usaha para Mitra Usaha BNM.
5.
Perusahaan berkewajiban menjamin pembayaran bonus/komisi/reward atas usaha yang dilakukan oleh para Mitra Usaha BNM sesuai dengan yang tercantum dalam Marketing Plan.
6.
Perusahaan berkewajiban memberikan layanan sebaik mungkin kepada para Mitra Usaha BNM dan menjaga kondusifitas usaha bagi para pelakunya.
7.
Perusahaan berwajiban mengenakan pajak progresif atas penghasilan yang diperoleh Mitra Usaha BNM dalam menjalankan bisnisnya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Perpajakan yang berlaku di negara Indonesia untuk Industri Penjualan Langsung.

BAB XI
PEMBAYARAN BONUS
Pembayaran bonus akan dilakukan secara transfer melalui Bank dengan mengenakan biaya administrasi sesuai kebijakan Bank masing-masing. Jenis bonus dan waktu transfernya, dengan pengecualian saat terjadi kondisi yang tidak memungkinkan atau force majeur :
a.
Bonus Sponsor dihitung harian, dibayarkan setiap hari Selasa, jika jatuh pada hari Libur Nasional maka akan dibayarkan pada hari kerja berikutnya.
b.
Bonus Pasangan dihitung harian, dibayarkan setiap hari Selasa, jika jatuh pada hari Libur Nasional maka akan dibayarkan pada hari kerja berikutnya.
c.
Reward, diakumulasikan sesuai periode kualifikasi promo, jika Poin Reward sudah mencukupi, anggota dapat melakukan klaim reward dengan memotong poin yang terkumpul untuk ditukar hadiah. Penukaran hadiah sesuai tabel hadiah yang berlaku, dan dengan ketentuan sebagai berikut:
i.
Mitra Usaha BNM bisa memperoleh Rewards atau Hadiah sesuai dengan prestasi yang dicapai berdasarkan pada ketentuan Marketing Plan BNM.
ii.
Pajak pembeliannya ditanggung oleh Perusahaan BNM.
iii.
Mitra Usaha BNM yang telah mendapat rewards bersedia untuk diliput dan dipromosikan oleh Perusahaan BNM dan Afiliasinya.
iv.
Tipe dan jenis hadiah ditentukan Perusahaan sesuai ketersediaan barang.
v.
Hadiah akan diatur pengirimannya oleh Perusahaan dengan biaya kirim menjadi tanggungan yang bersangkutan.
vi.
Pengiriman akan dilakukan dalam waktu maksimal 10 (hari) kerja setelah penukaran dalam kondisi barang tersedia oleh pihak vendor yang ditunjuk perusahaan.
vii.
Apabila rewards tersebut tidak dapat disediakan karena faktor stok habis, perubahan supply, peraturan dan sebagainya yang diluar kendali Perusahaan, maka bentuk rewards bisa berubah dari daftar yang telah ditentukan dengan bentuk rewards lain yang bernilai setara. Bila terjadi hal demikian maka akan diinformasikan terlebih dahulu kepada Anggota yang bersangkutan.
viii.
Semua hadiah reward yang berupa barang tidak dapat diuangkan.

BAB XII
PELATIHAN DAN PEMBINAAN BAGI MITRA USAHA
1.
Pelatihan yang diberikan oleh Perusahaan adalah:
a.
BNM Open Plan (BOP), adalah acara yang difasilitasi oleh Perusahaan untuk mengenalkan tentang peluang bisnis BNM kepada masyarakat umum sekaligus membantu para Mitra Usaha yang belum mampu melakukan presentasi mandiri. Acara ini dilakukan secara berkala setiap satu bulan sekali tiap minggu pertama tiap bulannya, bebas biaya, dan dilakukan di Kantor Pusat. Terbuka bagi semua peringkat.
b.
BNM Business Orientation (BBO), adalah pelatihan bagi para Mitra Usaha BNM yang baru bergabung untuk mendalami pengetahuan produk, marketing plan, cara menjual, serta cara menjalankan bisnis BNM. Acara ini dilakukan secara berkala setiap satu minggu sekali setiap bulannya, bebas biaya, dan dilakukan di Kantor Pusat. Terbuka bagi semua peringkat.
c.
BNM Leaders Club (BLC), adalah pertemuan khusus bagi para Mitra Usaha BNM yang telah mencapai peringkat tertentu sebanyak tiga kali dalam setahun. Pertemuan ini dilakukan secara tahunan dan tidak berbayar bagi para pencapainya. Hanya bagi Mitra Usaha yang telah mencapai peringkat Platinum.
2.
Pembinaan yang akan diberikan oleh Perusahaan adalah :
a.
BNM Champion Club (BCC), merupakan program pembinaan bagi pemula di bisnis BNM. Acara pembinaan sehari penuh yang diadakan oleh Perusahaan untuk mempersiapkan para pemula memiliki sikap seorang pengusaha dan keterampilan dasar dalam menjual produk maupun melakukan sponsorisasi. KBW akan diadakan dua bulan sekali dan tidak berbayar. Tidak ada syarat kualifikasi peringkat untuk mengikuti pembinaan ini.
b.
BNM STOCKIST MEETING (BSM), merupakan program pembinaan bagi seluruh Stokis BNM agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh Mitra Usaha, sekaligus memberikan penghargaan kepada Stokis yang berprestasi. Stokist Meeting ini dilakukan setahun sekali di Kantor Pusat. Peserta adalah pemilik dan admin Stokist saja, dan tidak berbayar.

BAB XIII
SANKSI ATAS PELANGGARAN OLEH MITRA USAHA BNM
1.
Mitra Usaha BNM yang melakukan perbuatan melanggar Kode Etik ini ataupun hukum, dan Perusahaan mendapatkan laporan secara tertulis dengan bukti yang cukup, maka perusahaan berhak menjatuhkan Surat Peringatan 1. Apabila melanggar untuk yang ke-2 kalinya, maka perusahaan berhak untuk memberhentikan/menghapus keanggotaan Mitra Usaha tersebut.
2.
Pelanggaran yang terjadi akan diberi surat peringatan atau dapat mengakibatkan diberhentikannya keanggotaan Mitra Usaha tersebut, atau dilakukan penundaan pembayaran bonus sementara selama masa investigasi.
3.
Apabila berdasarkan hasil investigasi, Mitra Usaha yang bersangkutan terbukti melanggar ketentuan sebagaimana yang sudah ditetapkan, maka bonus yang bersangkutan akan dibayarkan dan setelah itu keanggotaannya langsung dibatalkan. Sebaliknya apabila ia tidak terbukti melakukan pelanggaran, maka bonus yang bersangkutan akan kembali diproses dan keanggotaannya tetap dilanjutkan.

BAB XIV
PEMBAJAKAN DOWNLINE/MITRA USAHA LAIN
Mitra Usaha BNM tidak diperkenankan untuk membujuk atau membajak downline atau Mitra Usaha lain dari garis sponsorisasi yang berbeda untuk bergabung di garis sponsorisasinya. Apabila hal itu terbukti, maka:
a.
User Name Mitra Usaha yang baru disponsori tersebut akan dihapuskan.
b.
Sponsor yang merekrutnya akan dikenakan sanksi berupa Surat Peringatan hingga keanggotaan sponsor tersebut dicabut & diberhentikan dengan dengan ketentuan sesuai Kode Etik ini.

BAB XV
MASTER STOKIST DAN STOKIST
1.
Persyaratan umum menjadi Stokist adalah sebagai berikut:
a.
Pemohon Stokist adalah Mitra Usaha dengan kualifikasi minimal peringkat Gold Keatas
b.
Bersedia mematuhi Kode Etik Perusahaan dan peraturan stokist dari perusahaan, dan bersedia diberikan teguran atau sanksi apabila melanggar aturan.
c.
Bersedia memberikan layanan kepada semua Mitra Usaha tanpa membedakan jaringan.
d.
Siap melayani komplain produk dan layanan dari semua Mitra Usaha.
e.
Bersedia dilibatkan oleh perusahaan dalam acara-acara resmi perusahaan di wilayahnya.
2.
Besaran deposit awal sebagai Master Stokis BNM adalah Rp 274.340.000 (dua ratus tujuh puluh empat juta tiga ratus empat puluh ribu rupiah) dan sebagai Stokis BNM adalah 139.595.000 (seratus tiga puluh Sembilan juta lima ratus Sembilan puluh lima ribu rupiah).
3.
Keuntungan menjadi Stokist :
a.
Mendapatkan pembinaan khusus dari perusahaan dalam acara tahunan khusus stokist. (semua pembinaan tahunan dengan akomodasi di tanggung perusahaan).
b.
Mendapatkan bantuan alat peraga baik brosur, pamflet, flyer, form kwitansi standar dari perusahaan secara berkala.
c.
Mendapatkan ongkos kirim gratis dengan pembelian nominal tertentu.
d.
Mendapatkan potongan harga (Discount) senilai besar 3% s.d 4% dari harga produk setiap kali melakukan order ke perusahaan.
4.
Kewajiban bagi Stokis BNM :
a.
Stockis BNM wajib melayani setiap order dari perseorangan di area pemasarannya masing-masing tanpa terkecuali dan melakukan transaksi melalui sistem web BNM.
b.
Stokis wajib memberikan bukti transaksi yang kepada Mitra Usaha yang membeli produk, ataupun yang bergabung sebagai Mitra Usaha baru.
c.
Untuk order perseorangan yang memerlukan jasa kurir, Stockis BNM wajib menambahkan ongkos pengiriman, agar adil dan tidak terjadi penjualan dibawah harga resmi Perusahaan.
d.
Jumlah Repeat Order Minimum dari Stokis adalah sebesar separuh besaran nominal biaya ketika menjadi Master Stokis atau Stokis dalam sekali order untuk memperoleh pengiriman gratis.

BAB XVI
PERSELISIHAN ANTAR SPONSOR
1.
PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI tidak akan menengahi perselisihan apapun yang berasal dari satu atau beberapa individu yang menghubungi calon anggota (Prospek) yang sama. Jika lebih dari 1 (Satu) Mitra Usaha BNM yang mengklaim telah mensponsori orang yang sama, maka Perusahaan hanya akan mengakui atas aplikasi keanggotaan yang terlebih dahulu melakukan pendaftaran melalui online di Web Pusat www.bliuntung.com
2.
Dalam memutuskan suatu perkara perselisihan diantara Mitra Usaha, perusahaan akan mengacu kepada Kode Etik ini.

BAB XVII
PERSELISIHAN DENGAN PERUSAHAAN
1.
Segala bentuk perselisihan dengan perusahaan akan diselesaikan dengan mengutamakan prinsip musyawarah dan kekeluargaan. Namun apabila perselesihan tidak dapat terselesaikan dengan baik, maka penyelesaian akan dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2.
Penyelesaian secara hukum akan dilakukan di Pengadilan Negeri dimana kedudukan PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI berada, yakni Kota Makassar.

BAB XVIII
PENUTUP
Kode Etik dan Peraturan Perusahaan ini dibuat sebagai norma dan perjanjian antara PT BRILIAN NUSANTARA MANDIRI dan Mitra Usaha BNM yang secara resmi telah diterima keanggotaannya. Setiap perubahan dalam Kode Etik dan Peraturan Perusahaan ini akan diberitahukan kepada seluruh Mitra Usaha selambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum diberlakukan dengan persetujuan terlebih dahulu dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.